All About Taipei 101 Building

Taipei

Nama sebenarnya dari gedung ini adalah Gedung Finansial Internasional Taipei, tetapi setelah diresmikan, gedung ini lebih popular dengan sebutan Taipei 101 Building. Gedung ini terletak di distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Total tinggi gedung ini mencapai 509 meter atau 1.671 kaki dan tercatat sebagai gedung tertiggi kedua di dunia setelah berhasil lulus tiga dari empat standar yang dibuat oleh Konsil Gedung Tertinggi dan Habitat Urban.

Gedung ini diresmikan penggunaannya secara penuh pada tanggal 31 Desember 2004, di tengah perayaan tahun baru yang diselenggarakan dengan pesta yang begitu semarak di kota Taipei.

Dalam beberapa aspek, Taipei 101 Building adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu penggunaan jaringan komunikasi menggunakan fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabit per detik. Untuk mendukung mobilitas penghuni dan penggunanya, menara ini dilengkapi dengan dua lift paling cepat di dunia untuk ukuran gedung tertinggi. Kecepatan optimumnya mencapai 1.010 meter per menit ketika bergerak naik dan 600 meter per menit saat turun. Itu artinya, lift ini bergerak dengan kecepatan 60,6 km per jam.

Luas total Taipei 101 Building mencapai 450.000 m2 dengan 214.000 m2 untuk perkantoran, 77.500 m2 untuk perdagangan, dan 73.000 m2 untuk tempat parkir. Untuk menstabilkan menara terhadap guncangan gempa, angin topan,dan terpaan angin, sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88.

taiwan_Taipei-101

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>