Apartemen The Peak Jakarta (Part 2)

the peak 2

Masalah kekakuan saat ini masih jarang diperhatikan di Indonesia, meski sudah umum di dunia konstruksi. Untuk mengatasi masalah kekakuan ini, Davy menerapkan sistem konstruksi corewall dan sistem outrigger. Corewall sendiri bukan barang baru. Struktur inti gedung tingkat tinggi ini berupa dinding beton dengan ketebalan tertentu dan berfungsi untuk mengikat lantai. Sedangkan outrigger adalah struktur pengaku yang berupa lengan yang terikat pada corewall hingga kolom terluar bangunan. Prinsipnya seperti perahu layar. Tiang layar adalah intinya, kemudian balok-balok silang dan layarnya adalah outrigger-nya. Sedangkan tali-tali layar yang diikatkan pada pasak adalah kolom outrigger-nya. Dengan kata lain, sistem ini memanfaatkan lebar bangunan untuk memaksimalkan kekakuan. Sistem struktur semacam itu sebenarnya sudah diterapkan sejak 1970. Pertama kali dengan menggunakan baja. Baru pada 1990-an ditemukan sistem struktur semacam ini dengan menggunakan lengan beton. Di Indonesia, The Peak adalah salah satu dari dua bangunan dengan sistem konstruksi ini.

The Peak memiliki tiga outrigger yang diletakkan di lantai 10 sampai lantai 12, lantai 21 hingga lantai 23, dan lantai 32 sampai lantai 34. Untuk mendapat kekakuan dengan tiga outrigger dalam desain struktur ini bukannya tanpa perhitungan. Untuk memperoleh perhitungan kekuatan angin, dilakukan simulasi wind tunnel atau terowongan angin. Aparteman dibentuk dalam maket berskala 1: 50 yang terbuat dari dua jenis material, yakni kayu balsa dan flexiglass. Dalam satu terowongan dihembuskan angin ke model bangunan dengan kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi setempat.

Gedung ini juga dirancang untuk menahan gempa 500 tahunan berdasarkan peraturan gempa Indonesia. Beton yang digunakan juga memiliki kualitas tinggi, yaitu menggunakan beton dengan kuat tekan hingga mencapai 55 Mpa (mega-pascal).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>