Konstruksi Rumah Tinggal

Design Rumah Minimalis 8Rumah sejak zaman dulu sampai sekarang sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi manusia. Selain tempat berteduh, rumah pun dijadikan tempat bersosialisasi seluruh anggota keluarga ataupun bagi sesama penghuni rumah tersebut. Selain menjadi bagian terpenting bagi kehidupan, bentuk dan gaya pun sengaja dibuat untuk menambah estetika atau keindahannya.

Bahkan bentuk dan gaya yang unik seringkali dijadikan sebagai identitas suatu suku atau komunitas di suatu tempat. Indonesia merupakan negara yang terdiri atas beraneka suku dan budaya, tentunya mempunyai bentuk dan nama rumah adat sendiri-sendiri untuk tiap daerahnya. Masing-masing rumah adat tersebut biasanya mempunyai fungsi dan manfaat yang hampir sama, yaitu sebagai tempat tinggal, namun ada pula yang dijadikan tempat keramat ataupun tempat untuk mengingat para leluhur mereka.

Perkembangan pembangunan rumah pun berkembang dengan sangat cepat seiring dengan kemajuan teknologi serta ditemukannya beragam inovasi material-material bangunan yang bisa memperkuat maupun memperindah bangunan rumah. Hall ini juga membawa dampak yang cukup besar terhadap perkembangan perumahan di Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang terletak di jalur ring of fire yang merupakan area yang dilewati oleh struktur tektonik aktif sehingga mempunyai tingkat resiko kegempaan yang tinggi. Sebagian besar penduduknya hidup di area pedesaan dan pesisir, dimana perkembangan pembangunan rumahnya berkembang dengan lambat dan tidak seperti di kota besar, sehingga bangunan rumahnya dibangun dengan cara yang masih sederhana tanpa adanya perencanaan sistem struktur yang baik.

Hal ini membawa resiko yang besar. Karena pembangunan rumah di pedesaan tidak memperhitungkan kekuatan, hanya berdasarkan pengalaman yang turun temurun, maka apabila terjadi bencana alam seperti gempa bumi maupun angin puting beliung, akibatnya sebagian rumah dipedesaan biasanya akan mengalami kerusakan/kehancuran yang parah, maupun memakan korban jiwa. Melihat hal tersebut, maka sebaiknya pembangunan sebuah rumah tinggal khususnya untuk daerah dengan tingkat resiko gempa yang tinggi, mutlak harus diperhitungkan terhadap kekuatannya dalam menahan gaya gempa bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>