Baja

images (2)

 

Baja adalah suatu bahan material untuk struktur yang sangat kuat. Baja memiliki elastis untuk tegangan lelehnya yang berkisar 36.000 psi hingga 270.000 psi (untaian kawat baja mutu tinggi). Material baja mempunyai berat satuan 7.850 kg/m3. Jika dibandingkan dengan material beton dan kayu maka material baja merupakan material yang paling padat.

Material baja juga mempunyai rasio tegangan per satuan berat yang jauh lebih besar sehingga dapat digunakan untuk bentang-bentang yang panjang dengan struktur yang relatif lebih ringan. Oleh karena itu, material baja dapat dipabrikasi dengan penampang melintang yang tipis.

Kerampingan struktur-struktur besar yang terbuat dari baja ini kemudian dapat memberi konstribusi pada desain arsiterktur dai segi estetika. Struktur-struktur indah dari material baja sering kita jumpai pada : – jembatan dengan bentang yang panjang – gedung pencakar langit yang tinggi dan ramping – ruang rapat publik yang terbuka dan beraliran udara – dan banyak lagi pekerjaan konstruksi lainnya.

Material baja juga memungkinkan sebuah pekerjaan konstruksi menjadi lebih cepat pada saat pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan material baja dapat difabrikasikan dahulu sesuai dengan bentuk yang telah dirancang sedemikian rupa di workshop atau di pabrik (ex-situ) sebelum akhirnya dikirim ke tempat lokasi pembangunan dan diinstall. Perakitan struktur baja di lapangan juga terbilang cukup cepat jika dibandingkan dengan material.

Sambungan antara elemen strukturalnya bisa menggunakan sambungan baut maupun menggunakan sambungan las, ini bias diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan pelaksanaanya di lapangan. Opsi-opsi pekerjaan konstruksi baja yang ada memungkinkan bangunan dengan material baja dapat di buat sistem knockdown, yakni dimana bangunan baja yang dibuat dapat dilepas di kemudian hari dan dipindahkan ke lokasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>