Kayu

kayu

Material kayu merupakan satu-satunya jenis material yang sumbernya berasal dari produk alam yaitu hutan. Material kayu didapat dari batang sebuah pohon. Pohon yang cukup umur kemudian ditebang (Wood) yang kemudian diolah hingga siap menjadi bahan material dan dibentuk menjadi ukuran dan bentuk yang inginkan (Timber). Elemen struktur yang berasal dari material kayu yang paling mudah dan paling umum ditemui adalah balok-balok kayu untuk lantai, kolom kayu dan struktur kuda-kuda atap (rafter). Material kayu dapat diaplikasikan dalam bentuk kayu masif (solid) maupun berupa susunan beberapa kayu yang dilaminasi (Glulam).

Material kayu ini terbilang unik karena memiliki beberapa nilai tahanan, yakni tahanan tarik sejajar serat, tahanan tekan tegak lurus serat dan tahanan tekan sejajar serat. Dimana material ini akan cenderung memiliki kekuatan lebih besar saat menerima beban yang sejajar serat dan lebih lemah saat menerima beban yang tegak lurus serat kayu. Modulus elastisitas lentur material kayu berkisar antara 9.000 – 25.000 Mpa.

Material kayu merupakan bahan bangunan yang banyak disukai orang atas pertimbangan tampilan dan kekuatannya. Kekuatan material kayu cukup kuat, meskipun material ini tidak mempunyai berat satuan sepadat material beton ataupun baja. Material kayu juga terbilang mudah dalam pengerjaannya baik pemasangan maupun sambungannya. Material kayu bisa dibilang sebagai bahan bangunan yang ramah lingkungan karena kayu sendiri termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Yang menjadi kelemahan dari material ini adalah kita tidak dapat mengontrol sepenuhnya kualitas material ini karena material kayu berasal dari alam. Akan sering ditemui material kayu dengan keadaan cacat produk kayu yang disebabkan oleh proses tumbuh pohonnya. Kayu juga memliki kelemahan dalam masalah keawetan, diantaranya adalah cepat membusuk jika kadar air terlalu banyak, mudah lapuk akibat serangan hama dan mudah terbakar jika tersulut oleh api.

Di Indonesia, struktur kayu telah banyak diaplikasikan terutama untuk rumah-rumah tinggal di area perdesaan. Prof. Surjono Surjokusumo (ahli rekayasa kayu Indonesia dari IPB) bahkan telah berhasil menciptakan rangka pesawat terbang dari kayu Agatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>