Eksterior Green House

landscape-image

Setelah membahas interior konsep green house pada artikel sebelumnya, kali ini akan kita bahas mengenai eksterior green house. Sama halnya dengan bagian interior, hal yang perlu diperhatikan untuk bagian eksterior adalah penggunaan material yang ramah terhadap lingkungan dan dapat membantu memerangi efek dari pemanasan global.

Teknologi yang digunakan pada konsep hunian ini bervariasi dan bisa langsung diaplikasikan untuk rumah itu sendiri. Seperti penggunaan solar panel sebagai bahan atap rumah, selain melindungi rumah, solar panel ini juga dapat menyerap energy panas yang kemudian diubah menjadi energy listrik yang bisa digunakan untuk sumber listrik di rumah itu.

Teknologi lain yang dikenal dengan istilah Structural Insulated Panels Systems (SIPS) digunakan untuk dinding luar. Dimana panel ini mempunyai daya tahan yang tinggi sebagai penyekat dan bersifat ketat terhadap pengaruh udara sehingga bagian dalam rumah ini lebih terjaga suhunya dan tidak mudah panas akibat pengaruh udara luar rumah yang panas.  Panel ini umumnya pre-fabricated (dibuat di pabrik) sehingga tinggal di pasang di lapangan dengan pas dan dapat mengurangi pemborosan akibat sisa material yang tidak terpakai.

Untuk area landscape, dianjurkan untuk menanam tanaman dengan jenis yang tidak terlalu membutuhkan banyak air dan pupuk kimia. Hal ini bertujuan agar mengurangi penggunaan air bersih dan pencemaran  tanah oleh bahan kimia dari pupuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>