Biaya Kepemilikan Peralatan Konstruksi

calculator

Kepemilikan peralatan konstruksi yang dimiliki baik dengan cara membeli, leasing maupun sewa akan terkena beban biaya kepemilikan. Biaya kepemilikan adalah beban biaya yang harus ditanggung pihak kontraktor atas kepemilikan peralatan konstruksinya. Biaya kepemilikan dapat dibagi menjadi biaya pemilikan tetap (fixed cost), biaya pemilikan berubah (variable cost) maupun biaya penyusutan (depresiasi).

Biaya pemilikan tetap (fixed cost) adalah biaya yang dikeluarkan untuk memiliki peralatan yang meliputi beban registrasi tahunan, beban asuransi tahunan, beban pemeriksaan atau lesensi tahunan, biaya administrasi, perlengkapan khusus untuk perbaikan tahunan, dan biaya perlengkapan serta fasilitasnya.

Biaya pemilikan berubah (variable cost) adalah biaya pemilikan tidak tetap yang ditimbulkannya oleh karena adanya aktivitas bekerjanya peralatan, sehingga tergantung dari jumlah dan jenis pemakaian peralatan yang meliputi biaya bahan bakar,biaya operator, biaya pelumas biaya ban, biaya suku cadang, biaya perbaikan tidak terduga  maupun biaya overhaul (pemeliharaan besar) yang dijadwalkan, serta biaya pemindahan alat (mobilisasi).

Biaya penyusutan (depresiasi) adalah selisih antara biaya awal dengan nilai jual kembali yang diperhitungkan berdasarkan waktu dengan menggunakan satu bulan sebagi periode satuan waktu. Biaya penyusutan disebabkan karena adanya keausan dan kerusakan secara alamiah akibat dari pengunaan alat serta penurunan nilai karena keusangan alat akibat ditemukannya teknologi yang lebih baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>