Cara Pengadaan Peralatan Konstruksi

alat

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai metode pelaksanaan konstruksi dimana peralatan konstruksi merupakan salah satu sumber daya terpenting yang membutuhkan metode tertentu demi tercapainya tujuan suatu proyek. Pengadaan peralatan konstruksi bisa dibagi menjadi 3 macam.

Pertama adalah pengadaaan peralatan konstruksi dengan cara membeli.  Pembelian peralatan adalah pembiayaan awal  (Biaya modal) proyek meliputi pembayaran tunai untuk harga pembelian atas alat-alat yang dibutuhkan termasuk pembayaran bea masuk / pajak impor, bea materai, ongkos angkut dan ongkos perakitan atau modifikasi.

Biasanya, kontraktor yang terlibat dengan jenis proyek yang membutuhkan alat-alat yang serupa dengan proyek lainnya akan memilih untuk membeli langsung peralatan konstruksinya sendiri untuk pengerjaan proyeknya. Akan tetapi, bila biaya pembelian alat konstruksi tersebut terlalu besar dari modal yang dimiliki, maka pihak kontraktor akan melakukan pengadaan  peralatan konstruksi dengan cara sewa beli (leasing).

Leasing adalah menyewa alat dengan waktu penuh serta kemungkinan membeli alat tersebut setelah selang waktu tertentu. Biasanya, untuk melakukan leasing alat selalu ada perjanjian sewa beli yang mengatur pembayaran angsuran tunai kepada perusahaan keuangan selama jangka waktu tertentu (biasanya 2/3 atau ¾ dari perkiraan usia alat). Untuk pembayaran angsurannya sendiri meliputi 2 bagian yaitu bagian yang merupakan pembayaran kembali biaya modal alat serta bagian yang merupakan beban bunga.

Cara pengadaan alat yang terakhir adalah dengan cara menyewa. Menyewa peralatan akan bernilai lebih ekonomis jika pihak kontraktor tersebut hanya mempunyai jumlah proyek yang terbatas untuk pengunaan alat yang sama. Selain harus membayar biaya sewa, pihak kontraktor diharuskan juga untuk membayar ongkos angkut untuk datang dan kembali (mobilisasi dan demobilisasi), biaya perakitan dan pembongkaran, jasa operator, dan biaya bahan bakar jika diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>