Faktor-Faktor Penentu Nilai Kepuasan Sebuah Rumah Tinggal

Desain-rumah-minimalis

Dalam membangun suatu rumah tinggal, pasti sada rasa puas yang diharapkan. Rasa puas itu dapat meningkatkan rasa nyaman bagi pemilik rumah tersebut. Banyak faktor yang menentukan rasa kepuasan mengenai bangunan tersebut yakni sebagai berikut:

  • Lokasi
  • Keindahan bentuk
  • Layout dan komposisi ruangan
  • Kesejukkan
  • Ketenangan dan ketentraman
  • Kekuatan konstruksi dan keawetan
  • Ekonomis

Tiga faktor yang disebutkan pertama yaitu lokasi, keindahan bentuk dan layout atau komposisi ruangan biasanya ditentukan oleh selera perorangan dan tidak dapat mempunyai ketentuan yang mutlak. Empat faktor yang disebut terakhir lebih bersifat pengaturan teknis yang bisa ditentukan secara rasional. Terutama mengenai kekuatan konstruksi, keawetan dan segi ekonomis adalah persoalan teknis dalam proses pengerjaannya.

Kekuatan konstruksi suatu bangunan bergantung pada besarnya beban dan gaya yang harus ditahan, sedangkan faktor keawetan banyak dipengaruhi oleh kualitas bahan yang digunakan dan iklim serta perlindungan konstruksinya terhadap pengaruh iklim tersebut.

Dengan demikian maka suatu konstruksi harus disesuaikan dengan kondisi sekitar serta iklim di daerahnya. Ekonomisnya suatu bangunan juga dipengaruhi oleh bahan penyusunnya serta beban yang harus dipikul oleh bangunan tersebut.

Suatu konstruksi yang cukup kuat dan awet serta ekonomis tidak hanya memuaskan secara teknis, tetapi juga memberikan kesenangan dan ketenangan kepada pemakainya disamping menjamin nilai dari bangunan tersebut. Jadi, betapa pentingnya desain suatu bangunan harus direncanakan dengan cermat agar bisa memberi nilai kepuasan yang tinggi kepada pemilik atau pemakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>