Membeli Rumah dengan Kredit

kpr

Meningkatnya harga rumah akhir-akhir ini menjadi sangat pesat. Untuk daerah sekitar Jakarta saja, harga rumah tipe kecil sudah di atas 400 juta. Apalagi rumah-rumah di daerah yang strategis di tengah kota, rasanya sudah tidak sanggup bagi masyarakat menegah ke bawah untuk bisa membeli rumah tinggal secara tunai.  Kemudian membeli rumah secara KPR menjadi alternatif andalan yang dipilih masyarakat menengah ke bawah.  Membeli rumah secara KPR hanya memerlukan uang muka atau DP 20% hingga 50% dari harga yang ditawarkan. Biaya sisa dari uang muka yang kemudian dicicil setiap bulannya kepada pihak bank. Dengan KPR kita bisa memiliki properti sehingga KPR termasuk kredit yang produktif.

Untuk membeli rumah secara KPR, bagi karyawan diperlukan adanya data-data dari orang yang bersangkutan seperti slip gaji, rekening tabungan dan laporan keuangan perusahaan jika diajukan oleh seorang pengusaha. Dari data-data tersebut bank kemudian akan melakukan analisa kelayakan serta jumlah nilai yang bisa diberikan. Bank juga akan menentukan besarnya jumlah cicilan maksimal yang bisa ditanggung (biasanya adalah 30% dari jumlah pendapatan) untuk menjamin bahwa calon kreditur akan selalu bisa membayar cicilan tiap bulannya. Biasanya yang membuat calon kreditur tidak mendapatkan persetujuan KPR karena besarnya pendapatan yang relative lebih kecil sedangkan nilai rumah yang akan dibeli calon kreditur bernilai terlalu tinggi, bisa ratusan hingga miliyaran rupiah.

Dengan adanya fasilitas KPR, diharapkan dapat menjadi solusi bagi semua masyarakat untuk dapat memiliki rumah tinggal yang diidamkannya sesuai dengan pendapatan yang dimiliki. Dan bagi masyarakat yang membeli rumah secara KPR juga mengharapkan bahwa nilai property yang dibeli akan jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah utang beserta bunga dari cicilan yang harus dibayarkan sehingga property yang dibeli juga bernilai menjadi aset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>