Metode Pelaksanaan Konstruksi

construction_site

Dalam melakukan suatu proyek konstruksi, diperlukan adanya suatu sistem manajemen yang baik jika proyek tersebut ingin berhasil dicapai. Berbagai metode dilakukan oleh pihak pelaksana untuk tercapainya tujuan proyek dengan baik. Metode-metode tersebut kemudian dikenal dengan istilah metode pelaksanaan konstruksi. Dimana semua metode itu mempunyai satu tujuan yang terpenting yaitu bagaimana menggabungkan semua sumber daya untuk tercapainya tujuan proyek tersebut. Salah satu sumber daya terpenting adalah peralatan konstruksi .  Peralatan konstruksi harus tepat penggunaannya dan terkoordinasi dengan baik agar efisien. Ketepatan penggunaan peralatan tergantung dari faktor biaya, waktu, dan faktor sosial. Oleh karena itu, dalam pemilihan peralatan konstruksi harus matang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan peralatan :

–          Keandalan alat

–          Kebutuhan pelayanan

–          Ketersediaan suku cadang

–          Kemudahan pemeliharaan yang dapat dilakukan

–          Kemampuan alat untuk digunakan dalam berbagai macam kondisi

–          Kemudahan untuk diangkut dan dipindahkan

–          Permintaan akan alat dan harga penjualannya kembali

–          Tenggang waktu dalam penyerahan alat.

Peralatan konstruksi dapat diperoleh dengan beberapa cara.  Cara-cara tersebut tergantung kebijakan organisasi si pelaksana, volume pekerjaan yang tersedia bagi setiap alat, ketersediaan uang tunai dalam organisasi, perkiraan aliran tunai dalam perusahaan, serta ketersediaan alat yang sudah dipertimbangkan itu sendiri. Adapun cara-cara pengadaan peralatan konstruksi akan dibahas pada artikel NJKontraktor selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>