Syarat Rumah Tinggal Sehat

Green-modern-3

Rumah tinggal merupakan kebutuhan semua manusia dan juga menjadi tolak ukur bagi kesehatan masyarakat. Rumah tinggal yang layak huni haruslah rumah memenuhi persyaratan kebersihan agar penghuni didalamnya tetap bisa hidup sehat. Rumah tinggal yang sehat tidak terlepas dari ketersediaan prasarana dan sarana yang terkait, seperti ketersediaan akan air bersih, sanitasi, pengelolaan sampah yang baik, transportasi dan tersedianya pelayanan sosial.

 Secara umum, rumah terdiri dari ruangan, halaman dan area sekitarnya yang digunakan sebagai tempat tinggal dan sarana pembinaan keluarga (UU RI No. 4 Tahun 1992). Menurut WHO, rumah adalah struktur fisik atau bangunan untuk tempat berlindung, dimana lingkungan berguna untuk kesehatan jasmani dan rohani serta keadaan sosialnya baik demi kesehatan keluarga dan individu. (WHO, 2001).

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 829/Menkes/SK/VII/1999, ada beberapa kriteria rumah yang sehat. Yang pertama dari bahan bangunan. Bahan bangunan yang baik adalah bahan yang tidak terbuat dari bahan yang dapat melepaskan zat yang dapat membahayakan kesehatan. Kemudian dari komponen dan penataan ruangan. Hal yang harus diperhatikan adalah lantai yang kedap air, mudah dibersihkan dan dinding memiliki ventilasi yang cukup/minimal 10% dari luas dinding yang ada.

Dari segi cahaya, pencahayaan alam ataupun buatan dapat menerangi seluruh ruangan dengan intensitas penerangan minimal 60 lux dan tidak menyilaukan mata. Untuk penyediaan air yang baik adalah tersedianya sarana penyediaan air bersih dengan kapasitas minimal 60 liter per orang setiap hari. Untuk pengelolaan limbah , limbah harus dikelola dengan baik agar tidak mencemari permukaan tanah, sumber air dan air tanah. Hal terakhir adalah kepadatan hunian. Luas kamar tidur yang baik harus memiliki luas minimal 8 meter persegi, dan dianjurkan tidak untuk lebih dari 2 orang tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>